Rekomendasi 10 Film Dokumenter Terbaik Sepanjang Masa

Film Dokumenter Terbaik Sepanjang Masa
Rekomendasi 10 Film Dokumenter Terbaik Sepanjang Masa

Film Dokumenter Terbaik Sepanjang Masa – Kebanyakan film dokumenter sama pentingnya dengan jurnalisme investigatif karena menyajikan data nyata. Dalam sebuah film dokumenter terdapat isu-isu penting yang disampaikan dan dapat digunakan sebagai sarana pendidikan.

Penelitian yang mendalam dengan narasumber yang kompeten dan mengutamakan kejujuran dalam pembuatannya, membutuhkan waktu yang cukup lama dalam proses pembuatan sebuah film dokumenter.

Tak kalah pentingnya, adalah penyebarluasan film semacam itu kepada publik. Oleh karena itu, para pembuat film harus diberikan hadiah untuk penyebaran informasi penting tersebut.

Hadiah uang harus diberikan kepada penyelenggara festival di mana film akan diputar. Ini akan menciptakan insentif bagi mereka untuk memutar film tersebut. Juga, penyelenggara harus memberikan persentase dari hasil penjualan DVD atau kaset VHS film kepada pembuat film.

Ketika dunia telah berubah, genre reality show telah berkembang. Acara reality show seperti “Survivor” terkenal karena mereka telah sukses di seluruh dunia.

Acara reality show sekarang dibuat tidak hanya untuk hiburan, tetapi juga untuk mempromosikan tujuan sosial atau politik.

Beberapa reality show telah berubah menjadi dokudrama, yang menggunakan beberapa aspek pra-produksi untuk menciptakan rasa realisme dan keaslian.

Inilah Rekomendasi 10 Film Dokumenter Terbaik Sepanjang Masa

Berikut ini 10 Film dokumenter terbaik sepanjang masa :

1. Kurt Cobain: Montage of Heck (2015)

https://youtube.com/watch?v=7a4imrOhK-I

Film dokumenter ini mengeksplorasi kehidupan penyanyi rock ‘n’ roll legendaris, penulis lagu, musisi dan artis, Kurt Cobain.

Ini fitur film rumah yang belum pernah dilihat sebelumnya, foto dan kaset audio Kurt sebagai seorang anak, wawancara eksklusif dengan keluarga dan teman-teman, dan rekaman arsip langka. Ini memberikan pandangan yang intim ke dalam pikiran dan jiwa salah satu musisi paling berpengaruh di zaman kita.

Album soundtrack film, Montage of Heck: The Home Recordings, dirilis pada 13 November 2015.

2. Oceans (2009)

Oceans adalah film dokumenter tentang laut yang harus dilihat. Itu dibuat oleh Jacques Perrin dan menampilkan beberapa bidikan paling spektakuler dan indah yang pernah ditangkap di film. Bahkan, sangat bagus, bahkan mereka yang membenci laut akan menikmati menontonnya.

Film ini dirilis pada tahun 2009 dan memenangkan Oscar 2010 untuk film dokumenter terbaik. 3. The Cove Sebuah film yang menceritakan kisah lumba-lumba ditangkap dan dibunuh di sebuah kota pantai kecil di Jepang telah dinominasikan untuk Oscar untuk Film Dokumenter Terbaik.

3. Fahrenheit 9/11 (2018)

Film Fahrenheit 9/11 diangkat dari buku karya Ray Bradbury yang terbit tahun 1953. Bercerita tentang kondisi Amerika Serikat yang berada di dunia distopia pasca insiden teroris 11 September 2001 dan mengacu pada Amerika Serikat tahun 2016. pemilihan presiden negara bagian.

Kandidat baru, seorang pria bernama “Brock” (nama karakter dari novel Fahrenheit 451. naik podium dan menyatakan bahwa dia tidak akan membuat kesalahan yang sama seperti pendahulunya. Film berakhir dengan adegan kerumunan, berkumpul di jalan-jalan New York, meneriakkan: “Aku mencintaimu Amerika!

4. The Times of Harvey Milk (1984)

Film terbaik yang pernah saya lihat adalah The Times of Harvey Milk. Ini adalah film dokumenter yang menceritakan kisah perjuangan seorang tokoh politik yang kontroversial.

Pada saat itu masih merupakan hal yang tabu untuk menjadi gay secara terbuka dan film dokumenter ini dengan jelas menunjukkan upaya Harvey Milk untuk membangun komunitas yang aman bagi rakyatnya dan mendukung orang-orang LBGTQ+ di Amerika Serikat.

Penghargaan Akademi untuk Fitur Dokumenter Terbaik diberikan kepada film yang mendokumentasikan kehidupan mendiang Martin Luther King, Jr., “Forrest Gump” pada tahun 1994, yang disutradarai oleh Nancy Savoca dan Tom Shadyac.

Bahkan, “Forrest Gump” memenangkan Penghargaan Juri Khusus di Festival Film Sundance pertama. Selain itu juga ada film “Milk” yang dibintangi oleh Sean Penn sebagai Harvey Milk dan didukung oleh Emile Hirsch, Josh Brolin, Diego Luna dan James Franco.

Dalam film ini, sutradara Gus Van Sant, yang pernah bekerja sama dengan aktor muda dalam Good Will Hunting (1997) dan Finding Forrester (2000), menawarkan film berdasarkan kisah nyata.

5. The Look of Silence / Senyap (2014)

“The Look of Silence” karya Joshua Oppenheimer adalah film Indonesia pertama yang dinominasikan untuk Oscar dalam kategori Film Dokumenter Panjang Fitur Terbaik. Bercerita tentang pembunuhan massal tahun 1965-1966 terhadap ribuan orang Tionghoa oleh militer Indonesia.

6. Jagal (The Act of Killing) (2012)

Sutradara Joshua Oppenheimer The Act of Killing (dalam bahasa Indonesia disebut Butcher) mengeksplorasi pembunuhan ribuan orang Indonesia oleh tentara selama tahun 1960-an dan 1970-an.

Film dokumenter ini didasarkan pada kisah nyata yang diberikan oleh orang-orang yang mengeksekusi pembunuhan dan dirilis pada tahun 2012.

Film ini tentang genosida anti-PKI 1965–1966 di Guatemala yang terjadi di bawah Presiden Jacobo rbenz Guzmán. Kisah ini diceritakan melalui cuplikan arsip, foto arsip, wawancara, cuplikan berita, dan musik.

Ini menerima pujian tinggi dan beberapa penghargaan termasuk Dokumenter Fitur Terbaik di acara BAFTA 2013. Ini juga memiliki peringkat bagus di berbagai platform streaming.

Ini adalah kisah menarik tentang peristiwa yang mengelilingi perang melawan narkoba dan kebangkitan DEA. Dalam film dokumenter ini, peristiwa yang menyebabkan Perang terhadap Narkoba dan kebangkitan DEA dibahas. Ini tentang kebangkitan perang melawan narkoba dan kebangkitan DEA.

7. The Cove (2009)

Film berikutnya yang saya rekomendasikan berjudul “The Cove”. Ini adalah film dokumenter yang mengungkap kekejaman mengerikan dari perburuan lumba-lumba di Jepang. Ketika dinominasikan untuk Academy Award pada 2010, itu menjadi film dokumenter hak-hak binatang pertama yang menerima kehormatan itu.

Film ini dibuat untuk meningkatkan kesadaran tentang semua cara kita membunuh lumba-lumba, dan untuk memberikan ajakan bertindak untuk menghentikan pembunuhan massal dan penangkapan lumba-lumba, mengubah praktik penangkapan ikan di Jepang, dan menginformasikan serta mendidik masyarakat tentang penangkaran dan penangkaran. meningkatkan bahaya keracunan merkuri dari mengkonsumsinya.

Kedua organisasi telah menjadi suara bagi lumba-lumba yang suaranya dicuri. Mereka terus berjuang untuk kesejahteraan lumba-lumba dan mamalia laut lainnya serta mendidik masyarakat tentang bahaya mengonsumsi daging lumba-lumba dan efek keracunan merkuri.

8. I Am Not Your Negro (2016)

Sebuah film dokumenter tentang rasisme di Amerika Serikat. Ini meneliti sejarah rasisme melalui mata para pemimpin hak-hak sipil, seperti Medgar Evers, Malcolm X, dan Martin Luther King Jr.

Ini juga melihat Amerika melalui mata orang dalam, yang mengalami segregasi secara langsung sebagai seorang anak. Pemenang – Penghargaan Audiens untuk Film Dokumenter Terbaik di Festival Film Slamdance 2014.

Film ini dinominasikan untuk Academy Award pada 2016. Ini adalah kisah hebat yang diceritakan dengan sangat baik. Anda akan suka menontonnya.

9. Miss Americana (2020)

Ada banyak film dokumenter tentang musisi. Salah satunya bertajuk Miss Americana. Ini menunjukkan drama kehidupan Taylor Swift, menampilkan aktivitas yang dia lakukan saat hiatus. Satu lagi tentang Elton John. Ini membahas bagaimana dia mengatasi kematian tragis rekannya untuk melanjutkan karirnya. Musisi lain yang memiliki film dokumenter hebat adalah Michael Jackson, Elvis Presley, The Beatles, dan sebagainya. Anda telah ‘Swiftied’! Selamat! Sekarang, pergi menonton film lagi sehingga Anda akan mengingat semua hal yang baik.

Swift membagikan foto para penggemar yang semuanya berpakaian merah, membuat para penonton terpesona. Ini adalah dua penggemar terbaik. Yang nyata. Mereka berada di barisan depan pada pertunjukan di Omaha dan mereka sangat menyukai pertunjukan tersebut.

10 . Searching For Sugar Man (2012)

Ini adalah kisah nyata seorang musisi yang tidak terkenal di Amerika Serikat, tetapi sangat dikagumi dan diilhami oleh banyak orang di Afrika Selatan. Namanya Sixto Rodriguez, dan dia kurang populer di dunia, terutama di Amerika, tetapi di Afrika Selatan namanya begitu dipuja, konon nama Sixto Rodriguez lebih terkenal daripada Elvis dan Bob Dylan.

Lagu-lagu Rodriguez telah menginspirasi banyak musisi dan memberikan inspirasi luar biasa bagi para pejuang anti-apartheid. Meskipun dia tidak pernah bisa kembali ke tanah kelahirannya di Afrika Selatan, musiknya terus menginspirasi orang di seluruh dunia.

Academy Award for Best Documentary Feature adalah salah satu penghargaan paling bergengsi di semua film. Itu disajikan untuk film ’20 Feet From Stardom’ di Oscar Tahunan ke-85 yang diadakan di Hollywood pada 28 Februari 2014.

Judul film ini berasal dari nama bar Saigon yang bersejarah tempat pembuatan film. Bar tersebut dimiliki oleh seorang wanita bernama Thu yang dikenal penduduk setempat sebagai Ratu Saigon.

Itulah 10 film dokumenter terbaik sepanjang masa. Mereka akan memberi Anda wawasan yang luar biasa dan membantu Anda memperluas pengetahuan Anda. Jadi, di mana untuk memulai?

Kesimpulan :

Kesimpulannya, film dokumenter adalah alat yang sangat baik untuk digunakan untuk mempelajari sesuatu yang baru. Apalagi jika subjeknya adalah sesuatu yang Anda sukai. Film dokumenter tidak hanya mendidik; mereka juga bisa sangat menghibur! Dengan wawasan ini, Anda seharusnya dapat membuat keputusan yang lebih tepat tentang film dokumenter apa yang akan ditonton selanjutnya. Dan bahkan mungkin menemukan gairah baru untuk hidup!

Tags: