Ternyata Begini Cara Instal windows 7 dari USB flashdisk : Harus Coba

Bindul.com || Pada pembahasan artikel kali ini saya ingin mengajak teman-teman untuk mencoba metode Cara Instal windows 7 dari USB flashdisk. Sebenarnya cara seperti ini sudah banyak yang bahas di web luar sana. Namun kali ini saya coba akan memberikan pemahaman lebih dalam penginstalan os windows 7 dengan menggunakan Flashdisk.

Cara Instal Windows 7 Dari Usb FlashdiskPada umumnya serta normal penginstalan skema operasi windows 7 dengan memakai DVD. Pilihan Pilihan instalasi itu bisa dikerjakan dari flashdisk. Ini berarti kita harus mentransfer file instalasi dari DVD windows 7 atau file berupa ISO dalam flashdisk serta membuat penataan terlebih dulu pada flashdisk itu agar dipakai secara benar saat booting computer atau laptop.

Mentransfer file windows 7 dari DVD atau ISO ke Flashdisk tidak segampang seperti meng-copy-paste, tapi ada banyak cara supaya flashdisk bisa dipakai sesuai dengan yang diinginkan. Turuti beberapa langkah berikut ini yang pada umumnya berlaku pada windows 7 Ultimate, Professional, Home Premium, serta edisi yang lain.

Beberapa langkah Instalasi windows 7 memakai Flashdisk

Berikut beberapa langkah untuk meng-install windows 7 memakai flashdisk:

Baca Juga :

Sediakan DVD Windows 7 atau File ISO.

Sediakan Flashdisk yang mempunyai kemampuan minimum 4 GB, referensi 8 GB supaya bisa masuk Windows 7 All-in-One.

Transfer File DVD Windows 7 atau ISO dalam Flashdisk dan Install Windows 7 seperti biasa.

Panduan: Bila File berupa ISO, karena itu kita bisa mentransfer ke Flashdisk yang diterangkan pada cara 1 berikut ini, tapi bila berupa DVD, karena itu kita harus mengubah DVD itu terlebih dulu jadi bentuk ISO agar berjalan secara benar. Tapi ada pula langkah pilihan yang diterangkan pada cara 2 berikut ini yang bisa mentransfer DVD Windows atau ISO dalam Flashdisk serta dapat langsung dipakai.

Cara 1

Transfer File ISO Windows 7 ke Flashdisk memakai Software Rufus. Tetapi bila File itu masih juga dalam bentuk DVD, karena itu harus dirubah dalam bentuk ISO memakai Software seperti BurnAware, ImgBurn, CDBurnerXP, atau software semacam. ATAU Pakai Cara 2 dibawah.

Untuk mentransfer file ISO dalam Flashdisk menggunakan program Rufus:

Unduh Rufus, software gratis yang direncanakan untuk memformat serta membuat piranti flashdisk atau kartu ingatan jadi bootable. Rufus dengan automatis mengekstrak semua file berupa ISO serta mentansfer dalam Flashdisk hingga bisa dipakai untuk meng-install Windows 7, 8, 10.

Run program Rufus.

Rufus

Input piranti Flashdisk ke computer atau Laptop.

click Piranti serta pilih tempat USB Drive Flashdisk yang akan ditransfer file ISO Windows 7.

Biarlah Partition scheme and sasaran sistem tipe, File sistem, Cluster size, serta New Volume Cap, atau kita bisa mengendalikannya sesuai dengan keperluan.

Di bawah Format Options, ada banyak pilihan penataan, tapi kita bisa biarkan dengan default.

Di bagian “Create a bootable disk using” Pilih ISO Image dan Click icon CD/DVD untuk pilih File ISO yang sudah disediakan. Ini memerlukan sesaat supaya Rufus bisa mengecek file ISO itu.

Click Start untuk mengawali format serta mentransfer semua isi dari file ISO dalam Flashdisk. Click OK bila ada Peringatan atau Warning.

Tunggu beberapa waktu sampai prosedurnya usai sampai ada pemberitahuan DONE. Kita bisa tutup program Rufus bila sudah usai serta dapat langsung memakai Flashdisk itu untuk meng-install Windows 7.

Untuk meneruskan instalasi dapat disaksikan dilink di bawah ini:

Cara Install Windows 7

Cara 2

Transfer File DVD Windows 7 atau ISO dalam Flashdisk memakai Software WintoFlash.

Untuk mentransfer File DVD Windows 7 atau ISO dalam Flashdisk menggunakan program WintoFlash:

Unduh Wintoflash Versus 1.11.0000 (memberi dukungan Win XP/7/8/8.1/10 – ISO / DVD)

Install Software Wintoflash Hasil Unduh. Sesudah unduh program usai, Selanjutnya langsung bisa digerakkan.

Lakukan Program Wintoflash tanpa ada koneksi internet supaya percepat prosedurnya.

Transfer Windows 7 ke Flashdisk.

Pada penampilan “Welcome” Click Next.

Persetujaun Click “I Accept”, selanjutnya Click Next.

Pada “Key File”, Pilih “Free License” serta Click Next.

Click Next kembali sampai “Finished” serta penampilan ke Menu Awal.

Click Menu Tab “More singleboot”.

wintoflash setup

Pada “Windows setup file path”, Pilih Drive Sumber Instalasi dari DVD Windows ATAU tempat file ISO, Tempatnya ini dapat dimanapun. Bila menggunakan file ISO, karena itu click “Use my ISO, RAR, ARJ, ZIP, 7z, CAB, DMG image or archive”.

parameter

Catatan: Tempat dvd Windows dapat di drive mana saja, umumnya drive E, kebetulan punyai saya di drive (G:).

Di bagian “USB drive”, Pilih Sasaran Drive Flashdisk. Ini bisanya automatis kalau telah terpasang. Sedang Tempat Flashdisk dapat di drive mana saja.

Click Run, karena itu proses transfer akan selekasnya diawali.

Bila ada “Warning” diikuti segitiga MERAH, karena itu teruskan saja dengan Click “Continue”.

format

Mulai Proses “Transfer instalasi Windows 7” ke Flashdisk. Tunggu beberapa waktu sampai usai, umumnya seputar 10-15 menit, bergantung kecepatan cpu.

Exit dari aplikasi Wintoflash tanpa ada basa-basi bila telah usai.

Flashdisk telah siap dipakai di computer atau laptop. HARAP dilihat tiap langkah seterusnya sebab ada banyak ketidaksamaan.

Video Cara Instal windows 7 dari USB flashdisk.